MEDIA IKLAN LUAR RUANGAN SEBAGAI PROMOSI YANG EFEKTIF

Ada banyak OOH Advertising yang bisa dipilih sesuai kebutuhan marketing, seperti billboard statis, billboard digital, video tron, neon box, spanduk, vehicle ads, banner, dan lain sebagainya. Anda tinggal menyesuaikannya dengan bujet promosi dan lokasi pemasangan iklan. Misalnya iklan display cocok dipasang di area bandara, vehicle ads di MRT atau shuttle bus, dan sebagainya. Dibandingkan commercial break di TV dan media promosi jenis lain, iklan luar ruangan terbukti memiliki tingkat persaingan yang lebih sedikit. Ini karena outdoor advertising tidak dipasang bersamaan atau diselingi dengan iklan produk lain dalam penayangannya, sehingga audiens bisa lebih fokus dengan produk Anda. Dengan segala kelebihannya, OOH advertising memang diprediksi akan tetap menjadi primadona di dunia marketing. 

Seperti yang kita tahu, billboard adalah media iklan yang sangat mudah ditemukan, diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang, dan biasanya adalah jalan raya. Diketahui juga, bahwa masyarakat Indonesia banyak menghabiskan waktu di jalan yang berarti media billboard tetap menjadi sebuah metode yang efektif untuk berkomunikasi dengan target audiens Anda! Nah, sebelum Anda membuat iklan pada billboard ada baiknya perhatikan desain maupun isi konten iklan yang ada! Berikut simple tips dari AdPoint:

1. Buat simple: Gunakan kata-kata, yang singkat, jelas dan padat.

Karena media iklan ini diletakan pada jalan raya, audiens yang melihat tidak punya waktu yang lama untuk membaca pesan pada iklan tersebut. Jadi, baiknya buat simple agar pesan yang disampaikan mudah dipahami.

2. Fokus Pada Satu Pesan/Ide yang Mau Disampaikan.
Masih berhubungan dengan poin nomor 1, fokus audiens pastinya terbagi, baiknya gunakan cukup 1 pesan/ide saja, agar mudah diterima & dimengerti.

3. Gunakan Warna Teks yang Kontras.
Yes! Sebisa mungkin gunakan warna yang eye-catching ketika membuat desainnya, agar cepat menarik atensi audiens ketika melihat iklan Anda.

4. Jangan Menggunakan Ukuran Teks yang Kecil.
Karena media billboard diletakan tinggi dan dimensinya yang lebar, gunakan ukuran teks yang besar & bold. Agar audiens dari jarak kejauhanpun bisa melihat iklan Anda.

5. Masukan "Call to Action".
Masukan call to action (ajakan untuk bertindak), seperti "beli sekarang" sebagai penekanan agar audiens merespon untuk kedepannya